btw hari ini gue akan mengupdate Dampak-Dampak Positif Bermain
Let's get Started
Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, psikolog eksperimental Dr Andrew Przybylski menganalisa berbagai survei Inggris yang melibatkan 5.000 warga Inggris berusia 10 hingga 15 tahun.
Interaksi sosial
Sekitar 75% responden mengatakan mereka bermain video game setiap hari.
Anak-anak lalu diminta untuk menghitung berapa banyak waktu yang mereka habiskan dengan bermain game pada hari sekolah biasa - menggunakan konsolatau komputer.
Mereka kemudian menilai sejumlah faktor termasuk:
Tingkat kepuasan terhadap kehidupan mereka, seberapa baik mereka dapat berteman dengan anak-anak lain, seberapa besar kemungkinan mereka untuk membantu orang dalam kesulitan, tingkat hiperaktivitas, dan kurangnya perhatian.
Jawaban digabungkan untuk menilai tingkat penyesuaian psikologis dan sosial.
Bila dibandingkan dengan semua kelompok lain, termasuk mereka yang tidak memainkan video game sama sekali, orang-orang muda yang melaporkan kurang dari satu jam bermain setiap hari merupakan yang paling cenderung mengatakan puas dengan kehidupan mereka dan menunjukkan tingkat tertinggi interaksi sosial yang positif.
Kelompok ini juga memiliki lebih sedikit masalah emosional dan tingkat hiperaktif yang lebih rendah.
Hasil penelitian juga menunjukkan orang-orang yang menghabiskan lebih dari tiga jam bermain game memiliki kemampuan adapatasi yang paling buruk.
Dunia digital
Dr Przybylski mengatakan kemungkinan ada banyak penjelasan di balik temuan ini.
Dia mengatakan kepada BBC: "Dalam lingkungan penelitian yang sering terbelah antara mereka yang percaya video game memiliki dampak yang sangat menguntungkan dan orang-orang yang menghubungkannya dengan tindak kekerasan, penelitian ini bisa memberikan sudut pandang baru yang lebih bernuansa.
"Menjadi terlibat dalam video game dapat memberikan anak-anak sebuah bahasa yang umum.
"Dan untuk seseorang yang bukan bagian dari percakapan ini, ini dapat berarti orang tersebut terkucilkan secara tidak langsung."
Dia berpendapat bahwa kebijakan dan pedoman yang memberi batasan pada penggunaan teknologi perlu menelaah hasil penelitian tersebut.
Dr Przybylski menunjukkan bahwa meskipun efek video game pada anak-anak secara statistik signifikan dalam penelitian ini, faktor-faktor seperti kekuatan hubungan keluarga memainkan peran yang lebih besar.
Dr Iroise Dumontheil dari Universitas London yang tidak terlibat dalam penelitian, mengatakan: "Penelitian lain menunjukkan bahwa bermain game menembak sebagai orang pertama dapat menyebabkan peningkatan kemampuan pengolahan visuospatial dan memori.
"Penelitian lebih lanjut akan membantu untuk menentukan apakah jenis tertentu dari video game akan membantu atau menghambat remaja karena mereka menyesuaikan diri dengan perubahan yang mereka alami selama perkembangan diri."
Jadi manfaat dari bermain game, dapat disimpulkan dalam beberapa point sebagai berikut:
* Bisa menjadi sarana hiburan yang menyediakan interaksi sosial.
* Membangun semangat kerja sama atau teamwork ketika dimainkan dengan gamers-gamers lainnya secara multiplayer
* Bagi manula (lansia) , bisa mengurangi efek kepikunan.
* Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anak saat mereka mampu menguasai permainan.
* Mengembangkan kemampuan dalam membaca, matematika, dan memecahkan masalah atau tugas
* Membuat anak-anak merasa nyaman dan familiar dengan teknologi – terutama anak perempuan, yang tidak menggunakan teknologi sesering anak cowok.
* Melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta skill motorik.
* Mengakrabkan hubungan anak dan orangtua. Dengan main bersama, terjalin komunikasi satu sama lain.
* Bisa membantu memulihkan kesehatan untuk beberapa kasus penyembuhan.
* Membangun semangat kerja sama atau teamwork ketika dimainkan dengan gamers-gamers lainnya secara multiplayer
* Bagi manula (lansia) , bisa mengurangi efek kepikunan.
* Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anak saat mereka mampu menguasai permainan.
* Mengembangkan kemampuan dalam membaca, matematika, dan memecahkan masalah atau tugas
* Membuat anak-anak merasa nyaman dan familiar dengan teknologi – terutama anak perempuan, yang tidak menggunakan teknologi sesering anak cowok.
* Melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta skill motorik.
* Mengakrabkan hubungan anak dan orangtua. Dengan main bersama, terjalin komunikasi satu sama lain.
* Bisa membantu memulihkan kesehatan untuk beberapa kasus penyembuhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar